Menguatkan Kewaspadaan pada Kasus Penipuan MLM

Hati-hatilah dengan berbagai kasus penipuan mlm. Masih jamak dijumpai orang yang gampang kepincut dengan model investasi bodong berkedok MLM ini. Bagaimanakah cara menghindarinya?

Di awal kehadirannya di Amerika Serikat, bisnis MLM tidak didirikan untuk tujuan menipu. Ini merupakan praktik bisnis alternatif yang menciptakan terobosan di tengah kelesuan perekonomian di negara tersebut. Berkembang dan menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, dan sekarang kian diperkuat melalui jaringan teknologi informasi.

Yang perlu dipahami dari MLM adalah bahwa bisnis ini adalah jenis yang resmi alias legal. Jadi, kehadiran dan praktiknya pun diakui secara hukum. Tapi karena ada beberapa metode dan celah yang dimanfaatkan oleh para penipu, stigma negatif bisnis ini nyaris tak bisa dilepaskan.

Apa yang mesti dilakukan demi meningkatkan kewaspaan?

Kejelasan Aspek Hukum

Setiap perusahaan MLM yang resmi pasti mengantongi ijin dan sudah lolos dari pemeriksaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kejelasan aspek hukum dari perusahaan MLM wajib anda periksa. Hal ini untuk mencegah anda mengambil keputusan yang salah dari pilihan bisnis MLM tersebut.

Misal di dalam sebuah website mencantumkan beberapa dokumen yang nampak meyakinkan, jangan langsung percaya begitu saja. Coba melakukan verifikasi apakah nama perusahaan itu memang tercantum dalam daftar resmi dari otoritas yang menaunginya.

Cek Alamat dan Kontak Kantor Perusahaan MLM

Di jaman sekarang, kebanyakan alamat yang dicantumkan adalah formalitas. Biasanya itu untuk jenis bisnis toko online atau startup. Sementara untuk perusahaan MLM, kejelasan alamat mesti bisa dipertanggungjawabkan. Karena urusannya sudah menyangkut aspek legalitas di mana harus mendaftarkan secara resmi ke pihak berwenang.

Rekam Jejak Perusahaan MLM

Sekali cek rekam jejak dari perusahaan MLM itu. Apakah pernah masuk dalam daftar hitam atau mendapatkan komentar negatif? Sedikit saja komentar negatif harus jadi bahan masukan sebelum anda menjatuhkan pilihan.

Pahami Skema Bisnis MLM

Nah, bagian ini yang paling kerap dilewati begitu saja oleh kebanyakan masyarakat. Merasa terlalu rumit atau justru menyepelekannya. Menganggap terlalu rumit karena berharap dari praktk bisnis MLM itu dapat mendatangkan profit secara instan.

Sementara menyepelekan skema bisnis MLM karena cenderung menganggapnya gampang. Di sinilah celah yang sering dimanfaatkan oleh para penipu. Ada area abu-abu dari bisnis MLM yakni dari antara skema piramida dan penjualan produk.

Skema piramida sebetulnya praktik yang dilarang karena merugikan anggota. Namun karena poin utama dari bisnis MLM adalah penjualan produk dengan memanfaatkan skema tersebut, banyak yang sering kebingungan atau ragu.

Cara mengamatinya adalah dengan mengecek apakah produk itu memang punya kekuatan yang menjual. Banyak orang yang tertipu dan gagal karena terjebak pada perekrutan orang sebanyak-banyaknya. Padahal produk yang ditawarkan itu biasa saja atau malah sama sekali tak ada gunanya. Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan bisnis MLM, Qnet Indonesia bisa jadi salah satu yang patut Anda pertimbangkan. Tentunya setelah mengamati berdasarkan tips kami diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *